Sunday, January 18, 2009

Kiat-kiat menghadapi wawancara/interview kerja


Memiliki pekerjaan yang tetap dan mendapatkan gaji setiap bulanan adalah dambaan semua insan. Dimana-mana kita lihat orang berlomba-lomba mencari perkerjaan baik itu instansi pemerintah, swasta, provit bahkan Lembaga swadaya atau lebih dikenal dengan NGO atau INGO.
Untuk itu kita harus menghadapi beberapa test kemampuan baik itu tulisan maupun lisan, biasanya para pencari kerja akan mudah menghadapi test tulis karena mereka sudah terbiasa menjawab soal-soal tulisan sejak mereka duduk di bangku sekolah dan biasanya para pencari kerja ini akan gugur ketika menghadapi test lisan atau wawancara atau yang lebih populernya itu disebut dengan interview.
Agar seorang pencari kerja itu berhasil meraih pekerjaan yang diinginkan harus memahami celah-celah kemungkinannya atau bisa disebut dengan peluang ada pun kiat-kiatnya adalah sebagai berikut :
  1. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki, berdasarkan pengalaman yang telah anda jalankan. (tidak mesti berdasarkan gelar yang anda miliki)
  2. ketika akan melakukan wawancara anda harus bebas dari tekanan. ( contoh : takut dengan orang yang menginterview, perasaan belum siap atau yang lainnya)
  3. Pilih jawaban dari hal -hal yang pernah anda alami atau jawaban berdasarkan pengalaman anda. Jangan mengarang jawaban yang anda tidak tahu atau tidak pernah dialami.
  4. Gunakan jawaban yang SMART (Specific, Measurable, Achiveable, Realistic and Timely) dan Jawaban terbaik dari hasil pekerjaan terbaik yang pernah anda jalankan.
  5. Biasanya sang penanya akan bertanya tentang kendala - kendala ataupun permasalahan yang ada pada posisi tersebut, gunakan permasalahan yang anda hadapi pada tempat anda sebelumnya bekerja dan solusi menghadapinya ketika pertanyaan seputar permasalahan tersebut muncul.
  6. Yang terpenting dari itu semua doa adalah senjata yang paling ampuh agar kita dapat menghadapi interview dengan sukses dan meraih posisi yang kita inginkan.
Kiat-kiat tersebut diatas terangkum berdasarkan pengalaman penulis ketika mencari pekerjaan di tempat yang diingin dan posisi yang diinginkan

No comments:

Post a Comment