Monday, January 26, 2009

kiat-kiat menguasai beberapa bahasa


Bahasa merupakan urat nadi manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi kepada sesama di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bahasa seseorang dapat menyampaikan keinginan, hasrat, emosi dan lain sebagainya. Kadangkala seorang salah tanggap atau yang sering disebut dengan miskomunikasi di karenakan bahasa yang tidak dipahami dan cara penyampaian bahasa yang berbeda dengan orang yang di tuju.

Contoh : Ketika orang batak ingin berbicara dengan orang jawa dengan bahasa daerah masing - masing, atau orang Indonesia yang bertemu dengan orang Belanda ketika berbicara keduanya mempergunakan bahasa negara masing - masing, maka selamanya mereka tidak akan mengerti dengan apa yang dimaksud dan yang dibicarakan. Cara yang terbaik agar mereka dapat berkomunikasi dengan bahasa yang di kuasai oleh keduanya. Contoh orang batak tersebut dapat berbahasa jawa atau sebaliknya orang jawa dapat berbahasa batak maka diantara keduanya akan terjalin komunikasi yang baik dan dapat memahami maksud yang di sampaikan oleh satu sama lain. Begitu juga dengan orang Indonesia yang bertemu dengan orang Belanda, Bila orang Indonesia tersebut dapat berbahasa Belanda atau Orang Belanda dapat berbahasa Indonesia maka akan terjalin komunikasi yang harmonis diantara keduanya.

Tidak semua orang dapat mengusai dua atau lebih bahasa, baik itu bahasa daerah maupun itu bahasa suatu negara, untuk menguasainya harus ada latihan terus menurus dan praktek bahasa yang ingin dikuasai baik itu melalui lembaga kursus maupun belajar secara otodikdak. Banyak orang yang memiliki bakat komunikasi akan dengan cepat dapat menguasai bahasa.

Adapun kiat - kiat untuk dapat menguasai beberapa bahasa secara otodikdak adalah
  • Adanya kemauan untuk menguasai bahasa selain bahasa ibu.
  • ketika ingin menguasai suatu bahasa bergaullah dengan orang - orang yang mempergunakan bahasa tersebut. Contoh: Ketika si A yang orang karo ingin menguasai bahasa bahasa Aceh maka dia harus berinteraksi dengan orang Aceh
  • praktekkan kata - kata yang sudah dikuasai ketika ingin bekomunikasi.
  • ketika tidak mengetahui arti suatu kata, tanyakan artinya praktekkan dan hafalkan.
  • Jangan pernah malu bila salah dalam pengucapan suatu bahasa karena orang yang menguasai bahasa tersebut akan memberitahukan dan memperbaikinya.
  • bicara dan teruslah bicara dengan bahasa yang ingin kita kuasai, Nantinya tapa kita sadari ternyata kita telah menguasainya


1 comment:

  1. wah..mantap ni tips nya..thanks ya kak..(faisal0

    ReplyDelete