Tuesday, April 7, 2009

MAKANAN YANG KAYA ZAT BESI DAN VITAMIN C MEMBANTU MENGATASI ANEMIA


Makanan yang kita asup sehari – hari haruslah mengandung gizi dan vitamin yang cukup. Zat yang paling penting dalam asupan makanan adalah Zat Besi dan Vitamin C. Berkurangnya asupan Zat besi akan menyebabkan Anemia yaitu turunnya daya tahan tubuh manusia serta membuat penderita rentan terhadap penyakit sehingga mempengaruhi konsentrasi anak – anak untuk belajar.

Gejala awal anemia karena kekurangan zat besi pada anak – anak usia sekolah berupa badan lemah, lelah, kurang energi, kuran nafsu makan, tidak konsentrasi pada proses belajar, sakit kepala, stamina anak menurun, mata sering berkunang-kunang terutama ketika bangkit dari duduk, dan wajah nampak pucat.

Sumber Zat besi dapat kita temukan makanan dari nabati, hewani dan yang paling banyak pada jenis buah – buahan. Contoh makanan dari nabati yang banyak mengandung zat besi ada pada sayur – sayuran seperti labu, ubi rambat, kacang merah, tahu, tempe, brokoli, biji - bijian ( kacang – kacangan), serta sayuran hijau seperti daun ubi, bayam, kangkung, sawi, daun katuk, selada air, kentang dan roti gandum. Jenis makanan dari hewani zat besi dapat di temukan pada hati, jantung, ginjal, daging hewan tampa lemak, buah pinggang, ayam, itik, kuning telur, dan jenis makanan dari laut seperti ikan, kerang, tiram, rebon dan udang. Sedang buah – buahan yang mengandung zat besi terdapat pada apel, pisang, pepaya, leci, buah prune dan kurma.

Agar zat besi dapat diserap oleh tubuh dengan baik sehingga tubuh kita dapat menggunakannya untuk memproduksi darah yang sehat, zat besi membutuhkan bantuan. Makanan kaya akan kandungan vitamin C membantu zat besi memasuki tubuh. Bila anak mengkonsumsi zat besi tinggi yang penting untuk mencegah anemia tapi kurang vitamin C, maka penyerapan zat besi tak bisa optimal.

Vitamin C dapat di temukan pada sayur – sayuran dan buah – buahan. Sayuran yang mengandung vitamin c ada pada sayur bayam, kangkung, sawi hijau, brokoli, kentang dan daun singkong, wortel, lobak, bawang, cabai, tomat, mentimum, terung, labu siam, sayur pare,buncis kacang panjang, kecipir dan kembang kol. Pada buah – buahan vitamin C paling banyak dikandung oleh buah melon, jambu biji, lengkeng, pepaya, jambu monyet, dan jeruk. Di buah lain seperti stroberry, tomat, mangga muda, embacang, rambutan, kemangi, belimbing, salak, jambu bol, nenas, sawo, pokat, jambu air, kesemek, cempedak kita dapat menemukan kandungan vitamin C.

No comments:

Post a Comment