Wednesday, December 24, 2008

Sabar itu sederhana tapi ????????




Sabar merupakan satu kata yang sering di ucapkan oleh setiap orang. Segala sesuatu harus lah dilakukan dengan sabar. tapi sebanarnya bagaimana implementasi dari sabar itu? Apakah semua orang dapat berlaku sabar.

Sabar itu kata yang sangat mudah di ucapkan tapi untuk pelaksanaannya tidak semua orang dapat melakukannya. Kalaulah orang dapat bersabar maka tidak ada kekacau dalam kehidupan ini.
Apalagi dewasa ini kondisi negara kita yang sedang banyak permasalahan. Kalaulah manusianya tidak banyak-banyak bersabar maka terjadilah keonaran.

Hal itu dapat kita lihat di negara indonesia ini dimana-mana demonstrasi, pemukulan, perampokan. Semua itu dilakukan karena manusianya tidak mau bersabar.
Kita lihat para mahasiswa yang ingin menyampaikan pendapatnya tidaklagi dapat menyampaikannya secara santun, baik dan elegan. Para mahasiswa lebih mengedepankan emosi dan egoismenya. Sehingga terjadilah adu mulut, lepar melempar batu bahkan sekarang mahasiwa cenderung melakukan perusakan dalam menyampaikan opini dan ide mereka.

Begitu juga dengan para elite-elite politik di Indonesia ini, mereka tak mau bersabar dan melakukan jalan yang benar untuk meraih kekuasaan. Segala cara di tempuh baik itu pemaksaan perekrutan massa, pemalsuan KTP ataupun money politik.

Para pengusaha tidak mau bersabar untuk cepat kaya. Mereka menjual barang dengan keuntungan yang berlipat ganda, membuat stok barang sehingga harga barang menjadi mahal, melakukan money londry, pembohongan publik.

Kalau semua orang di negara Indonesia ini lebih mengedepankan egoisme, keserakahan, mau menang sendiri, apakah mungkin negara ini akan menjadi aman. kapankah rakyat ini sadar bahwa semua yang terjadi di muka bumi ini adalah ujian dari yang punya hidup. Sang pemilik hidup ingin mengetahui apakah hambanya dapat berlaku sabar ataukah semakin tidak karuan.

Wahai manusia marilah kita merenung sejenak dan berfikir dengan kepala yang tenang dan fikiran yang jernih apakah kita telah dapat berlaku sabar. Sabar itu kata yang sangat mudah untuk di ucapkan tapi amat sulit untuk menjalankan.
Wahai para insan yang mendiami bumi ini, apakah engkau telah berlaku sabar?

No comments:

Post a Comment