Thursday, March 12, 2009

Banda Aceh Gempa Lagi.... Tsunami gak yaaaaaaaa


Kemarin kamis 12 Maret 2009 Banda Aceh di guncang gempa kembali. Guncangan yang menghentak tanah aceh di rasakan oleh sebahagian warga aceh. Warga yang merasakan adanya gempa langusung berhamburan keluar rumah dengan sigap dan cepat, ada warga yang lainnya melongo keheranaan karena tidak merasakan goncangan gempa.

Dari data yang di keluarkan oleh Badan meteoroligy dan geofisika melalui situs http://www.bmg.go.id memberitahukan bahwa gempa yang terjadi pada pukul 17:05:07 WIB ini berkekuatan 5,3 skala richter dengan pusat gempa berada di 4.62 LU - 94.63 BT dengan kedalaman 32 km tidak berpotensi tsunami bagi warga Banda Aceh dan sekitarnya.Pusat gempa dirasakan pada 128 km BaratDaya BANDAACEH-NAD , 160 km BaratDaya SABANG-NAD , 170 km BaratDaya SIGLI-NAD , 173 km BaratLaut MEULABOH-NAD , 238 km BaratDaya BIREUEN-NAD.

Di kantor - kantor yang memiliki alat pendeteksi gempa terlihat sebahagian karyawannya yang berhamburan keluar gedung ketika mendengar alat pendeteksi gempa berbunyi. Dengan serta merta mereka berlarian menuju luar gedung. Mereka takut kalau-kalau gempa tersebut kekuatannya semakin besar jadi sesegera mungkin mereka berlari menyelamatkan diri mencri lapangan yang terbuka.

Para pekerja kantoran yang berada di lantai 2 gedung yang paling merasaka kekuatan gempa lansung tancap gas berlari menuruni tangga agar dapat meraih pintu keluar gedung ketika merasa gempa yang menghentakkan mereka.
Ada juga sebahagian pekerja yang hanya mengamati dan merasakan kekuatan gempa, tidak beranjak dari tempat duduknya dan hanya berkata "tidak kuat kok, hanya terasa sedikit." sambil terus saja melakukan aktivitasnya di depan layar komputer seolah-olah tidak ada terjadi gema.

Adapula ibu - ibu yang keheranan melihat para pekerja kantor yang berhamburan keluar gedung dengan bertanya kepada salah seorang dari mereka "ada apa?" lalu ada yang menjawab " Gempa bu." kemudian ibu itu menyela " Gempa ya... kok gak terasa yaaa, cuma sebentar yaaaa...."


Memang gempa yang terjadi di Banda Aceh kemaren sore hanya dirasakan goncangannya beberapa menit saja, sehingga tidak semua warga mengetahui adanya guncangan karena gempa. Malah ada beberapa tetangga saya tidak mengetahui adanya gempa kemaren sore ketika sore harinya saya bertanya, kata salah seorang staff kantoran yang bercerita tentang kejadian gempa kemaren sore kepad temannya.

No comments:

Post a Comment